Usai Pelatihan Membuat Amplang Udang, Zulaikhah Wardan Pinta Camat Melalui Ketua TP-PKK Kecamatan Lakukan Pembinaan 

Ketua TP-PKK Kabupaten Inhil saat menghadiri pelatihan membuat Amplang Udang di Hotel Tembilahan, Sumber foto: (Dok. SIBERONE.com/Yusuf).

SIBERONE.COM - Hj. Zulaikhah Wardan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) meminta kepada seluruh Camat se-Kabupaten Inhil melalui Ketua TP-PKK Kecamatan membina peserta yang telah mengikuti pelatihan membuat Amplang Udang Tahap II.

Hal ini disampaikan oleh Hj. Zulaikhah Wardan saat menghadiri acara pelatihan membuat Amplang Udang tahap II yang ditaja oleh Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kabupaten Indragiri Hilir (DP2KBP3A Inhil), di Hotel Tembilahan, Senin (5/12/22).

Karena, kata Zulaikhah Wardan yang juga merupakan Ketua Special Olympics Indonesia (SOIna) Kabupaten Inhil, kegiatan ini sejalan dengan program TP-PKK, khususnya yang berada di kelompok kerja II yaitu pendidikan dan keterampilan.

"Kalau di PKK itu ada namanya Up2k yaitu (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga). Tentunya pak camat yang tahu warga yang ada di daerah Bapak. Setelah pelatihan ini tidak hanya berhenti sampai di sini, saya harapkan pak camat tolong dibantu di pantau dilakukan pembinaan melalui tim penggerak PKK Kecamatan itu ada Pokja 2 yang mungkin ada kegiatan-kegiatan yang bisa dijalankan di situ bisa melakukan pembinaan terhadap ibu-ibu yang sudah di latih ini," pintanya.

Ketua Gerakan Satu Hati (GSH) Kabupaten Inhil ini mengungkapkan, apabila pembuatan amplang ini berlanjut dan berkembang, kedepannya mungkin saja bisa bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) untuk membantu permodalan. 

"Pak camat tolong ini di bina sehingga jangan sampai pelatihan yang kita berikan ini nanti mandek. Nah perlunya juga kalau memang nanti bisa kerja sama dengan Baznas mereka mungkin perlu pemodalan, ini zaman digital, harus juga diberikan perhatian masalah marketing digital atau digital marketing," ucapnya.

"Dan ini banyak sekali lanjutan lanjutannya, mudah-mudahan, ibu-ibu berdoa saja, ini merupakan jalan yang sudah dibuka ya, jadi harus ada lagi sampai nanti tuntas, seperti itu perbedaannya, paling tidak kepada 300 orang lebih yang sudah dilatih ini semuanya harus sudah bisa mandiri untuk keluarganya dan kita harapkan bisa menghasilkan pendapatan," imbuhnya.

Sebagai informasi, dalam kegiatan pelatihan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas DP2KBP3A Inhil, Camat se-Kabupaten Inhil, narasumber Hj. Netty Kurniawati, M.Pd.I, Owner Geray Amplang Udang Kembar Desa Sungai Luar Siska Karolina dan Ahmad, dan diikuti oleh peserta dari 4 kecamatan, diantaranya Kecamatan Mandah, Concong, Kuindra, dan Tanah Merah.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar